RAPAT KOORDINASI PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN TAHUN 2018

IMG_4152.1

Sekayu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Banyuasin menyelenggarakan Rapat Koordinasi Program Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Musi Banyuasin pada hari Rabu 25 Juli 2018 Pukul 09.00 WIB, di Aula Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin.

 

Rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin Drs.H.M.Yusuf dan dimoderatori oleh Kabid Sosial Budaya dan Pembangunan Manusia Ir. Untung Surapati, MT yang dihadiri oleh Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Sosial Kabupaten Musi Banyuasin serta Perangkat daerah terkait dengan program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Musi Banyuasin. 

 

Kepala Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin dalam sambutannya menyampaikan bahwa dilaksanakannya rapat ini agar dapat mensinergikan Program Penanggulangan Kemiskinan serta untuk mengawal Kegiatan Penanggulangan Kemiskinan pada Perangkat Daerah yang tepat guna dan tepat sasaran sehingga dapat memisahkan antara yang miskin secara ekonomi dengan miskin secara perilaku. Dimana kita ketahui sebanyak 93% DBH (Dana Bagi Hasil), maka dari itu gunakanlah dana yang sudah ada secara maksimal, serta manfaatkanlah CSR dan sumber-sumber dana lainnya.

 

Kabid Sosial Budaya dan Pembangunan Manusia Bappeda Kabupaten  Musi Banyuasin menyatakan bahwa penanggulangan kemiskinan menjadi salah satu Prioritas Daerah pada tahun 2019 yang akan datang, dimana yang menjadi Program Prioritas Daerah yakni Percepatan Pengurangan Kemiskinan di Kabupaten Musi Banyuasin.

 

Pedoman Umum untuk Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu telah ditetapkan berdasarkan Permensos No 28 Tahun 2017. Sedangkan untuk pelaksanaan Verifikasi dan Validasi Data BDT Tahun 2017 akan dilaksanakan pada tahun 2019 karena berdasarkan Undang-Undang No 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin dimana Data Terpadu harus di Verifikasi dan di Validasi secara berkala paling sedikit 2 (dua) tahun sekali. Untuk proses Verifikasi dan Validasi Data melalui SIKS-NG saat ini lebih memprioritaskan untuk Data Rastra (Beras Sejahtera), karena program Rastra pada saat ini masih berjalan dan harus mencapai data yang valid agar bisa melaksanakan transformasi dari Beras Sejahtera ke BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), ungkap kepala Dinas Sosial Kab. Muba.

 

Kepala Bidang Pemerintahan, Kessos dan Kesra Bappeda Provinsi Sumatera Selatan menerangkan bahwa Penduduk miskin Sumatera Selatan yang bekerja di sektor perkebunan mencapai 50,04% maka dengan anjloknya harga komoditas utama perkebunan karet sangat memperberat upaya penurunan angka kemiskinan. Ditengah sulitnya kondisi ekonomi Sumatera Selatan masih mampu menurunkan angka kemiskinan secara signifikan, dimana pada tahun 2008 sebesar 17,73% turun signifikan menjadi 12,80% ditahun 2018. Angka kemiskinan pada tahun 2018 merupakan angka kemiskinan terendah sejak Sumatera Selatan Berdiri. Berbagai program telah diluncurkan, sejak tahun 2016 juga di launching inovasi kemiskinan GERTAK SEJUTA MANDIRI, dan sejak tahun 2016 sebesar 58.870 jiwa penduduk miskin telah keluar dari kemiskinan.(RED-AL)

RAPAT KOORDINASI PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN TAHUN 2018

DSC_0103

Sekayu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Banyuasin menyelenggarakan Rapat Koordinasi Program Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Musi Banyuasin pada hari Rabu 25 Juli 2018 Pukul 09.00 WIB, di Aula Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin.

 

Rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin Drs.H.M.Yusuf dan dimoderatori oleh Kabid Sosial B

Kunjungan Kantor Bappeda Banyuasin dalam Rangka tata cara Penyusun RPJMD di Bappeda Musi Banyuasin

DSC_0103

Pada tanggal 1 Agustus 2018 Bappeda Kab. Musi Banyuasin kedatangan tamu dari Banyuasin, kita Ketahui baru-baru ini Pemeritah Khususnya Kab. Banyuasin baru saja menyelesaikan Pesta Demokrasi/Pemilihan Kepala/wakil Daerah. Untuk itu kedatangnya tersebut  untuk belajar dalam penyusunan Dokumen RPJMD.

Kabupaten Banyuasin merupakan Pecahan dari Kabupaten Musi Banyuasin, jadi tidak salah kalau Kabupaten Banyuasin dikatakan sebag

Lauching Kebun Raya Sriwijaya di Desa Bakung Kabupaten Ogan Ilir dan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan Tema Kendalikan Sampah Plastik

DSC_0103

Kita Ketahui Kebun raya di Indonesia ada di Kota Bogor yaitu Kebun Raya Bogor, Tetapi Sekarang Kita Harus Berbangga diri karena selain Kota Bogor Kini Sumatera Selatan Memiliki Kebun Raya Sriwijaya yang terletak di Desa Bakung Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, Pada Hari Jum,at 27 Juli 2018 Bapak Gubernur H.Alex Noerdin telah resmi melaunching Kebun Raya Sriwijaya Sumatera Selatan, yang dihadiri Oleh Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr.

Rapat Koordinasi Percepatan DAK tahun 2018

DSC_0103

Sekayu, Badan Perencanaa Pembangunan Daerah (BAPAPEDA) Kabupaten Musi Banyuasin melalui bidang PA & EPP Kabupaten Musi Banyuasin melaksanakan rapat koordinasi percepatan pelaksanaan dana alokasi khusus (DAK) Fisik TA. 2018. Rapat Tersebut Bertempat diruang Rapat Bappeda Lantai II (dua) Rabu 11 Juli 2018 pukul 09.00 WIB s.d selesai.

 

 

 

Rapat koordinasi percepata