Kunjungan Kantor Bappeda Banyuasin dalam Rangka tata cara Penyusun RPJMD di Bappeda Musi Banyuasin

IMG_4152.1

Pada tanggal 1 Agustus 2018 Bappeda Kab. Musi Banyuasin kedatangan tamu dari Banyuasin, kita Ketahui baru-baru ini Pemeritah Khususnya Kab. Banyuasin baru saja menyelesaikan Pesta Demokrasi/Pemilihan Kepala/wakil Daerah. Untuk itu kedatangnya tersebut  untuk belajar dalam penyusunan Dokumen RPJMD.

Kabupaten Banyuasin merupakan Pecahan dari Kabupaten Musi Banyuasin, jadi tidak salah kalau Kabupaten Banyuasin dikatakan sebagai adik kandung dari Kabupaten Musi Banyuasin, maksud tujuan kedatangan ke Kantor Bappeda Musi Banyuasin untuk belajar Mekanisme, Strategi dalam Penyusunan dok RPJMD 5 Tahunan.

Terkait dengan Bupati/Wakil Bupati terpilih di Kab Banyuasin, untuk itu kami akan menyiapkan Dokumen RPJMD 5 tahun kedepan maka kami ingin mengetahui Strategi, Mekanisme tata cara dalam Penyusunan RPJMD dan seluruh rangkaian seperti Naskah teknokratik dan Kajian Lingkungan Hidup (KLHS), ujar pak zul.

Sambutan Bapak Ir. H. Yusuf, selamat datang di Bappeda Kab. Banyuasin suatu kehormatan telah berkunjung ke Kab. Musi Banyuasin dalam rangka Sharing (lebih tepatnya) mekanisme tata cara penyusunan  Dokumen RPJMD 5 tahun kedepan  dan juga selamat datang kepada rekan-rekan Seketrasis, Kabid, Kasubid dan Staff dari kantor Bappeda Banyuasin, ujar Pak Yusuf.

Kebetulan memang baru saja kami menyelesaikan pesta demokrasi pada tahun lalu dan alhamdulilah untuk dokumen RPJMD 5 tahunan dapat kami selesaikan dengan tepat waktu. Penyusunan Dokumen RPJMD harus disusun paling lambat 6 (enam) bulan setalah Kepala/wakil daerah dilantik, karena jika tidak selesai kita ketaui bersama pasti ada kesekuensi yang akan didapat, ucap Pak Yusuf.

Sebelum kita membahas Mekanisme penyusunan RPJMD kita harus ketahui dulu tahapan apa saja yang akan di persiapakan seperti persiapan penyusunan, penyusunan Rancangan awal (kesepakatan antara Bupati dan DPR), Penyusunan Rancangan RPJMD, Pelaksanaan Musrenbang RMJMD, Perumusan Rancangan Akhir dan penetapan/Perda. Maksud dari membuat Dokumen RPJMD tersebut yang meliputi antara lain menjabarkan arahan umum RPJP tahun 2005-2025 dikaitkan dengan visi, misi dan prioritas program Bupati/Wakil Bupati terpilih, mengakomodasi pokok-pokok pikiran DPRD dan masukan-masukan  dari masyarakat baik melalui musrenbang maupun  komunikasi publik lainnya, mengidentifikasi kebutuhan masyarakat dan merumuskan menjadi prioritas pembangunan, menidentifikasi perkiraan ketersediaan sumberdaya dan dana pembangunan yang akan dijadikan salah satu kekuatan pembangunan, memberikan arah dan sekaligus tolak ukur keberhasilan pembangunan.

Jika kita memiliki  RPJMD yang bagus kita dapat menekan efesien belanja sehingga kita tahu kemana belanja akan digunakan sehingga hasilnya efektif dan transparan, sebelum menyusun RPJMD  kita harus menyelesaikan terlebih dahulu Naskah Teknokratik, Kajian Lingkungan Hidup  Strategis (KLHS), dengan meilhat  aspek-aspek apakah rama Lingkungan tidak, apakah bekerkelanjutan atau tidak. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan antara lain memiliki Tim yang Solid (kompak) dan Fokus, kita adakan Pelatihan kepada tim terkait Penyusunan RPJMD tidak lupa jalin hubungan komukiasi baik dengan DPRD dan hasil dari dokumen yang dibuat dapat dikoordinasikan dan dikonsultasikan dengan teman-teman yang ada di Bappeda Provinsi. Selanjutnya untuk data-data yang diperlukan dapat dikonsulkasikan di bidang-bidang terkait untuk lebih rincinya. By Red AL

RAPAT KOORDINASI PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN TAHUN 2018

DSC_0103

Sekayu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Banyuasin menyelenggarakan Rapat Koordinasi Program Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Musi Banyuasin pada hari Rabu 25 Juli 2018 Pukul 09.00 WIB, di Aula Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin.

 

Rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin Drs.H.M.Yusuf dan dimoderatori oleh Kabid Sosial B

Kunjungan Kantor Bappeda Banyuasin dalam Rangka tata cara Penyusun RPJMD di Bappeda Musi Banyuasin

DSC_0103

Pada tanggal 1 Agustus 2018 Bappeda Kab. Musi Banyuasin kedatangan tamu dari Banyuasin, kita Ketahui baru-baru ini Pemeritah Khususnya Kab. Banyuasin baru saja menyelesaikan Pesta Demokrasi/Pemilihan Kepala/wakil Daerah. Untuk itu kedatangnya tersebut  untuk belajar dalam penyusunan Dokumen RPJMD.

Kabupaten Banyuasin merupakan Pecahan dari Kabupaten Musi Banyuasin, jadi tidak salah kalau Kabupaten Banyuasin dikatakan sebag

Lauching Kebun Raya Sriwijaya di Desa Bakung Kabupaten Ogan Ilir dan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan Tema Kendalikan Sampah Plastik

DSC_0103

Kita Ketahui Kebun raya di Indonesia ada di Kota Bogor yaitu Kebun Raya Bogor, Tetapi Sekarang Kita Harus Berbangga diri karena selain Kota Bogor Kini Sumatera Selatan Memiliki Kebun Raya Sriwijaya yang terletak di Desa Bakung Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, Pada Hari Jum,at 27 Juli 2018 Bapak Gubernur H.Alex Noerdin telah resmi melaunching Kebun Raya Sriwijaya Sumatera Selatan, yang dihadiri Oleh Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr.

Rapat Koordinasi Percepatan DAK tahun 2018

DSC_0103

Sekayu, Badan Perencanaa Pembangunan Daerah (BAPAPEDA) Kabupaten Musi Banyuasin melalui bidang PA & EPP Kabupaten Musi Banyuasin melaksanakan rapat koordinasi percepatan pelaksanaan dana alokasi khusus (DAK) Fisik TA. 2018. Rapat Tersebut Bertempat diruang Rapat Bappeda Lantai II (dua) Rabu 11 Juli 2018 pukul 09.00 WIB s.d selesai.

 

 

 

Rapat koordinasi percepata