Lauching Kebun Raya Sriwijaya di Desa Bakung Kabupaten Ogan Ilir dan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan Tema Kendalikan Sampah Plastik

IMG_4152.1

Kita Ketahui Kebun raya di Indonesia ada di Kota Bogor yaitu Kebun Raya Bogor, Tetapi Sekarang Kita Harus Berbangga diri karena selain Kota Bogor Kini Sumatera Selatan Memiliki Kebun Raya Sriwijaya yang terletak di Desa Bakung Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, Pada Hari Jum,at 27 Juli 2018 Bapak Gubernur H.Alex Noerdin telah resmi melaunching Kebun Raya Sriwijaya Sumatera Selatan, yang dihadiri Oleh Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr. Ir Tri Laksana Handoko M.Sc, Kepala Badan Litbangda Provinsi Sumatera Selatan, Ibu Lukitariani, Juga dihadiri Kepala daerah seluruh Kabupaten/Kota dan OPD dinas Instansi dan turut hadir Kepala Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Yang diwakili Oleh Bapak H. Rusydan,MH.,M.Hum (staf Ahli Bupati) dan Juga Kepala Bappeda Kab. Musi Banyuasin yang diwakili Oleh Bapak  Amrah Syarif, ST,MT.

Menurut Bapak Gubernur Sumatera Selatan Pembangunan Kebun Raya Sriwijaya Membutuhkan Waktu yang  sangat Lama Baru Bisa di Launching  di tahun ini, Alhamdulillah Ucapanya  hal tersebut dikarenakan diantaranya sangat panjang nya proses administrasi yang harus dilalui.

Menurut  Bapak Gubernur, Jika dikelola dengan baik dan propesional insha allah bantuan dari CSR  dalam Negeri maupun Bantuan dari  luar Negeri akan terus mengalir pada pembangunan  dan pengembangan Kebun Raya Sriwijaya ini Kedepan nya, dan  akan menjadi salah satu Kebun Raya terbaik di Indonesia insha allah.

Selain itu setidaknya ada 5 fungsi dari kebun Raya Sriwijaya ini antara lain sebagai tempat edukasi pendidikan tentang tumbuhan dan penghijuan baik untuk anak-anak sekolah dasar hingga perguruan tinggi dan juga sebagai tempat wisata bagi masyarkat sumatera selatan sehingga tidak perlu jauh-jauh pergi ke kebun raya bogor yang ada di jawa barat cukup datang ke kebun raya Sriwijaya tandasnya.

Kepala Lembaga Ilmu Sriwijaya Indonesia (LIPI) Bapak Dr. Ir. Tri Lakasana Handoko M.Sc mengatakan , LIPI sebagai  Pembina Kebun Raya di Indonesia  akan terus berperan aktif terhadap peningkatan kwalitas sumberdaya pengelola kebun raya. Kebun Raya yang Sriwijaya merupakan salah satu bentuk percepatan pengembangan kebun raya di Indonesia dan ditargetkan kedepan Indonesia Memiliki Minimal 47 Kebun Raya dan diharapkan dengan telah di launchingnya Kebun Raya Ini dapat mendorong tumbuhnya lapangan pekerjaan dan mendorong ekonomi masyarakat di sekitar.

Kepala Badan Litbangda Prov. Sumsel juga Mengatakan Kebun Raya di Kabupaten Ogan Ilir Kecamatan Indralaya Utara Desa Bakung ini memiliki luas Lebih Kurang 100 Ha yang terletak dilahan Gambut. Pembangunan kawasan tersebut didukung oleh Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor : SK.485/Menhut-II/2012 tentang penetapan Kawasan hutan dengan tujuan Khusus untuk hutan penelitian dan Pengembangan serta pendidikan lingkungan.

Selain Peresmian Kebun Raya Sriwijaya Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin juga turut serta dalam menampilkan hasil Karya  Putra Daerah di Pameran yang di adakan di Acara Launching Kebun Raya Di Kabupaten Ogan Ilir Kecamatan Indralaya Utara desa Bakung , adapun yang ditampilkan pada Pameran tersebut yaitu Kain Jemputan oleh Dinas Perdangangan dan Perindustrian, oleh-oleh dari hasil karya UKM yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin yaitu Getas, Anggun, Kerupuk ikan, Kerupuk jangek dengan berbagai Parian yang terbuat dari Singkong  yang diolah menjadi makanan cemilan yang sangat lezat oleh Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Desa, UKM yang Bekerjasama dengan PT Connoco Philips, selain itu kabar gembira dan juga sangat  membangakan dari Putra Daerah Muba yang mempunyai ide cemerlang untuk men-desain cendaramata ataupun oleh-oleh dari berkunjung ke Kabupaten Musi Banyuasin yaitu Seperti Baju “BALORE” yaitu singkatan dari Banyak Lokak Sare Karya dari Bapak Ali Assegaf S.Kom.I yang menjadi ciri khas Kabupaten Musi Banyuasin dan juga bukan hanya baju itu saja Putra Muba juga menampilakan makanan olahan yang terbuat dari Pisang yang disajikan dalam bentuk Nuget (PISMAT) dengan Parian beberapa Rasa Seperti, Original, Coklat Keju hingga Rasa Durian. (Bapak Rahmat Idrus).

Pada Pameran yang berlangsung Bapak H. Rusydan, MH., M.Hum selaku Staf Ahli Bupati berkunjung ke pameran Pemerintah Musi Banyuasin,  dalam kunjungan nya tersebut  beliau sangat mengapresiasi dan berterima kasih telah berpartisipasi untuk mengenalkan Kabupaten Musi Banyuasin melalui hasil Karya UKM Muba dan hasil-hasil kreatifitas dari Putra Daerah dan diharapkan Hasil Karya dan kreatifitas tersebut terus berkembang dan menjadi ciri Khas ataupun oleh-oleh dari Kabupaten Musi Banyuasi. Tandasnya

Turut juga hadir Ibu kepala Dinas Perindustrian Prov. Sumatera Selatan pada Stand  Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, beliau juga mengatakan untuk hasil UKM yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin untuk di tingkatkan dan terus dikembangkan, dan beliau juga menyarakan kepada  dinas Perdangangan dan Perindustrian Kab/Kota khususnya Kabupaten Musi Banyuasin untuk dalam Pembuatan izin Lebel Halal dan pelatihan UKM dapat dikoordinir dan di inventarisisasi agar kedepan pihak UKM yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin dapat mendapatkan pelatihan maupun izin, Label Halal secara gratis yang di telah di programkan oleh Pemerintah Prov. Sumatera Selatan Melalui Dinas Perdangangan dan Perindustrian Prov. Sumsel. (By Red-AL)

RAPAT KOORDINASI PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN TAHUN 2018

DSC_0103

Sekayu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Banyuasin menyelenggarakan Rapat Koordinasi Program Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Musi Banyuasin pada hari Rabu 25 Juli 2018 Pukul 09.00 WIB, di Aula Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin.

 

Rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin Drs.H.M.Yusuf dan dimoderatori oleh Kabid Sosial B

Kunjungan Kantor Bappeda Banyuasin dalam Rangka tata cara Penyusun RPJMD di Bappeda Musi Banyuasin

DSC_0103

Pada tanggal 1 Agustus 2018 Bappeda Kab. Musi Banyuasin kedatangan tamu dari Banyuasin, kita Ketahui baru-baru ini Pemeritah Khususnya Kab. Banyuasin baru saja menyelesaikan Pesta Demokrasi/Pemilihan Kepala/wakil Daerah. Untuk itu kedatangnya tersebut  untuk belajar dalam penyusunan Dokumen RPJMD.

Kabupaten Banyuasin merupakan Pecahan dari Kabupaten Musi Banyuasin, jadi tidak salah kalau Kabupaten Banyuasin dikatakan sebag

Lauching Kebun Raya Sriwijaya di Desa Bakung Kabupaten Ogan Ilir dan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan Tema Kendalikan Sampah Plastik

DSC_0103

Kita Ketahui Kebun raya di Indonesia ada di Kota Bogor yaitu Kebun Raya Bogor, Tetapi Sekarang Kita Harus Berbangga diri karena selain Kota Bogor Kini Sumatera Selatan Memiliki Kebun Raya Sriwijaya yang terletak di Desa Bakung Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, Pada Hari Jum,at 27 Juli 2018 Bapak Gubernur H.Alex Noerdin telah resmi melaunching Kebun Raya Sriwijaya Sumatera Selatan, yang dihadiri Oleh Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr.

Rapat Koordinasi Percepatan DAK tahun 2018

DSC_0103

Sekayu, Badan Perencanaa Pembangunan Daerah (BAPAPEDA) Kabupaten Musi Banyuasin melalui bidang PA & EPP Kabupaten Musi Banyuasin melaksanakan rapat koordinasi percepatan pelaksanaan dana alokasi khusus (DAK) Fisik TA. 2018. Rapat Tersebut Bertempat diruang Rapat Bappeda Lantai II (dua) Rabu 11 Juli 2018 pukul 09.00 WIB s.d selesai.

 

 

 

Rapat koordinasi percepata