SOSIALISASI PERATURAN-PERATURAN KERJASAMA DAERAH DENGAN PIHAK KETIGA

IMG_4152.1

Sekayu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Banyuasin, melalui Bidang Penelitian dan Pengembangan melaksanakan SOSIALISASI PERATURAN-PERATURAN KERJASAMA DAERAH DENGAN PIHAK KETIGA, dengan tema Kita tingkatkan Peran Pemerintah Daerah dan Pihak Ketiga Dalam Pembangunan di Musi Banyuasin Guna Terwujudnya MUBA MAJU BERJAYA 2022. Sosialisasi Tersebut Bertempat di Ruang Rapat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Banyuasin Lantai II (DUA),  15 Mei 2018.

Kegiatan Sosialisasi peraturan-peraturan kerjasama daerah dengan pihak ketiga dibuka oleh kepala Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin dan dihadiri oleh Narasumber yang berasal dari Dirjen Bina Administrasi kewilayahan Kementerian Dalam Negeri yaitu Ir. Djatmiko Winahyu, MP dan Biro Pembangunan & Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Provinsi Sumsel Mukpakanisin, SE, serta Kepala Perangkat Daerah lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, para peserta sosialisasi yang merupakan utusan dari perangkat daerah kabupaten Musi Banyuasin.

Dalam sambutannya, Kepala Bapppeda Musi Banyuasin Drs. H.M. Yusuf mengharapkan agar peserta dapat mengikuti dengan seksama apa yang akan disampaikan oleh narasumber mengingat kerja sama dengan pihak ketiga adalah hal yang sangat penting untuk diketahui baik dasar hukumnya maupun penerapannya di lingkungan pemerintah kabupaten Musi Banyuasin agar terwujudnya Muba Maju Berjaya 2022.

Narasumber Ir. Djatmiko menyampaikan bahwa dalam kerjasama dengan pihak ketiga, memiliki dasar hukum sebagai beirikut , antara lain :

  1. UU NO. 5 Tahun 1974 Tentang : Pokok – pokok Pemerintahan di Daerah,
  2. UU No. 22 Tahun 1999 Tentang : Pemerintahan Daerah,
  3. UU No. 32 Tahun 2004 Tentang : Pemerintahan Daerah,
  4. UU No. 23 Tahun 2014 Tentang : Pemerintahan Daerah,
  5. PP 50/2007 “Tata Cara Kerjasama Daerah,
  6. Permendagri 69/2007“Kerjasama Pengembangan Perkotaan”,
  7. Permendagri 19/2009“Pedoman Peningkatan Kapasitas Pelaksana Kerja Sama Daerah”,
  8. Permendagri 22/2009“Petunjuk Teknis Tata Cara Kerja Sama Antar Daerah”

 

Selanjutnya, narasumber Mukpakanisin menyampaikan bahwa tujuan kerjasama daerah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat; Sebagai Sarana untuk lebih memantapkan hubungan dan keterkaitan daerah yang satu dengan daerah yang lain dalam kerangka NKRI; Mensinergikan potensi antar daerah dan/atau dengan pihak ketiga; Meningkatkan pertukaran pengetahuan, teknologi dan kapasitas fiskal;Mengurangi kesenjangan daerah dalam penyediaan pelayanan umum khususnya di wilayah terpencil, perbatasan antar daerah dan daerah tertinggal. RED-AL.

 

RAPAT KOORDINASI PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN TAHUN 2018

DSC_0103

Sekayu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Banyuasin menyelenggarakan Rapat Koordinasi Program Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Musi Banyuasin pada hari Rabu 25 Juli 2018 Pukul 09.00 WIB, di Aula Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin.

 

Rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin Drs.H.M.Yusuf dan dimoderatori oleh Kabid Sosial B

Kunjungan Kantor Bappeda Banyuasin dalam Rangka tata cara Penyusun RPJMD di Bappeda Musi Banyuasin

DSC_0103

Pada tanggal 1 Agustus 2018 Bappeda Kab. Musi Banyuasin kedatangan tamu dari Banyuasin, kita Ketahui baru-baru ini Pemeritah Khususnya Kab. Banyuasin baru saja menyelesaikan Pesta Demokrasi/Pemilihan Kepala/wakil Daerah. Untuk itu kedatangnya tersebut  untuk belajar dalam penyusunan Dokumen RPJMD.

Kabupaten Banyuasin merupakan Pecahan dari Kabupaten Musi Banyuasin, jadi tidak salah kalau Kabupaten Banyuasin dikatakan sebag

Lauching Kebun Raya Sriwijaya di Desa Bakung Kabupaten Ogan Ilir dan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan Tema Kendalikan Sampah Plastik

DSC_0103

Kita Ketahui Kebun raya di Indonesia ada di Kota Bogor yaitu Kebun Raya Bogor, Tetapi Sekarang Kita Harus Berbangga diri karena selain Kota Bogor Kini Sumatera Selatan Memiliki Kebun Raya Sriwijaya yang terletak di Desa Bakung Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, Pada Hari Jum,at 27 Juli 2018 Bapak Gubernur H.Alex Noerdin telah resmi melaunching Kebun Raya Sriwijaya Sumatera Selatan, yang dihadiri Oleh Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr.

Rapat Koordinasi Percepatan DAK tahun 2018

DSC_0103

Sekayu, Badan Perencanaa Pembangunan Daerah (BAPAPEDA) Kabupaten Musi Banyuasin melalui bidang PA & EPP Kabupaten Musi Banyuasin melaksanakan rapat koordinasi percepatan pelaksanaan dana alokasi khusus (DAK) Fisik TA. 2018. Rapat Tersebut Bertempat diruang Rapat Bappeda Lantai II (dua) Rabu 11 Juli 2018 pukul 09.00 WIB s.d selesai.

 

 

 

Rapat koordinasi percepata