Kunjungan DRD Prov. Jatim Ke DRD Kab. Muba

IMG_4152.1

Sekayu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Banyuasin Bidang Penelitian dan Pengembangan bersama Dewan Riset Daerah Kabupaten Musi Banyuasin menerima kunjungan kerja dari dewan riset daerah Provinsi Jawa Timur pada hari Kamis, 22 Februari 2018 di Aula Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin.

Ketua Dewan Riset Daerah Kabupaten Musi Banyuasin menyambut hangat kedatangan Dewan Riset Provinsi Jawa Timur yang diketuai oleh Prof. Dr. Hotman M. Siahaan dengan membawa 16 anggota Dewan Riset Daerah provinsi Jawa Timur.

Acara pun dilanjutkan dengan rapat dan diskusi yang dipimpin oleh Sekretaris Bappeda yang sekaligus sebagai koordinator Dewan Riset Daerah Kabupaten Musi Banyuasin. Dalam agenda tersebut ada empat pemaparan yang dilakukan, yaitu oleh Ketua Dewan Riset Daerah Provinsi Jawa Timur, Ketua Dewan Riset Kabupaten Musi Banyuasin, Koordinator Dewan Riset Kabupaten Musi Banyuasin dan Kepala Dinas Perkebunan Musi Banyuasin kemudian dilanjutkan dengan diskusi.

“Kami Dewan Riset Daerah Provinsi Jawa Timur, memenuhi keinginan dari para anggota untuk menindaklanjuti silaturahim yang dilakukan Dewan Riset Kabupaten Musi Banyuasin di Jawa Timur beberapa bulan yang lalu. Dan kami ingin mengetahui bagaimana profil Dewan Riset Daerah Kabupaten Musi Banyuasin beserta program-program yang akan digarap oleh Dewan Riset Daerah Kabupaten Musi Banyuasin serta ingin mengetahui bagaimana perjalanan dari replanting kebun rakyat kabupaten Musi Banyuasin yang di launching oleh presiden Jokowi,” papar Hotman Siahaan.

Dewan Riset Daerah Kabupaten Musi Banyuasin memaparkan bahwa program yang akan dilaksanakan adalah mewujudkan hilirisasi produk gambir yang ada di Desa Toman Kecamatan Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin. Sehingga segala aspek yang dapat dimanfaatkan dari tanaman gambir tersebut bernilai ekonomis baik dalam maupun hingga ke luar negeri. Hal ini sangat selaras dengan tema pembangunan di tahun 2019 yaitu Peningkatan Produktifitas sektor unggulan berbasis inovasi & teknologi dengan memperhatikan aspek kelestarian lingkungan dengan harapan akan meningkatkan pendapatan masyarakat hingga pendapatan asli daerah.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh kepala dinas perkebunan Iskandar Syahrianto, SH, M.Si. Beliau menerangkan bahwa replanting yang dilaksanakan di kecamatan Sungai Lilin tersebut telah dirancang sejak lama, dengan didukung oleh SDM yang professional yaitu putra asli daerah yang konsen dalam bidang pertanian sehingga seluruh administrasi tertata dengan baik serta dengan menggunakan alat-alat modern yang memadai untuk mencapai target replanting lahan sebesar 4.446 Ha tersebut, ujarnya.

Selanjutnya, koordinator Dewan Riset Musi Banyuasin Nurzahrawati memimpin diskusi antara dewan riset Jawa Timur dan Dewan Riset Muba serta Dinas Perkebunan Muba. Banyak hal yang menarik dalam diskusi tersebut, sehingga melahirkan kritik dan saran yang membangun bagi satu sama lainnya. Dan semua berharap bahwa silaturahim ini terus berjalan dan sharing tentang pembangunan pun akan dilanjutkan sehingga dapat memberikan manfaat bagi pembangunan antara Musi Banyuasin dan Jawa Timur. (RED AL)

RAPAT KOORDINASI PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN TAHUN 2018

DSC_0103

Sekayu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Banyuasin menyelenggarakan Rapat Koordinasi Program Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Musi Banyuasin pada hari Rabu 25 Juli 2018 Pukul 09.00 WIB, di Aula Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin.

 

Rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin Drs.H.M.Yusuf dan dimoderatori oleh Kabid Sosial B

Kunjungan Kantor Bappeda Banyuasin dalam Rangka tata cara Penyusun RPJMD di Bappeda Musi Banyuasin

DSC_0103

Pada tanggal 1 Agustus 2018 Bappeda Kab. Musi Banyuasin kedatangan tamu dari Banyuasin, kita Ketahui baru-baru ini Pemeritah Khususnya Kab. Banyuasin baru saja menyelesaikan Pesta Demokrasi/Pemilihan Kepala/wakil Daerah. Untuk itu kedatangnya tersebut  untuk belajar dalam penyusunan Dokumen RPJMD.

Kabupaten Banyuasin merupakan Pecahan dari Kabupaten Musi Banyuasin, jadi tidak salah kalau Kabupaten Banyuasin dikatakan sebag

Lauching Kebun Raya Sriwijaya di Desa Bakung Kabupaten Ogan Ilir dan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan Tema Kendalikan Sampah Plastik

DSC_0103

Kita Ketahui Kebun raya di Indonesia ada di Kota Bogor yaitu Kebun Raya Bogor, Tetapi Sekarang Kita Harus Berbangga diri karena selain Kota Bogor Kini Sumatera Selatan Memiliki Kebun Raya Sriwijaya yang terletak di Desa Bakung Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, Pada Hari Jum,at 27 Juli 2018 Bapak Gubernur H.Alex Noerdin telah resmi melaunching Kebun Raya Sriwijaya Sumatera Selatan, yang dihadiri Oleh Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr.

Rapat Koordinasi Percepatan DAK tahun 2018

DSC_0103

Sekayu, Badan Perencanaa Pembangunan Daerah (BAPAPEDA) Kabupaten Musi Banyuasin melalui bidang PA & EPP Kabupaten Musi Banyuasin melaksanakan rapat koordinasi percepatan pelaksanaan dana alokasi khusus (DAK) Fisik TA. 2018. Rapat Tersebut Bertempat diruang Rapat Bappeda Lantai II (dua) Rabu 11 Juli 2018 pukul 09.00 WIB s.d selesai.

 

 

 

Rapat koordinasi percepata