SOSIALISASI PERATURAN-PERATURAN KERJASAMA DAERAH DENGAN PIHAK KETIGA

IMG_4152.1

Sekayu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Banyuasin, melalui Bidang Penelitian dan Pengembangan melaksanakan SOSIALISASI PERATURAN-PERATURAN KERJASAMA DAERAH DENGAN PIHAK KETIGA, dengan tema Kita tingkatkan Peran Pemerintah Daerah dan Pihak Ketiga Dalam Pembangunan di Musi Banyuasin Guna Terwujudnya MUBA MAJU BERJAYA 2022. Sosialisasi Tersebut Bertempat di Ruang Rapat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Banyuasin Lantai II (DUA),  15 Mei 2018.

Kegiatan Sosialisasi peraturan-peraturan kerjasama daerah dengan pihak ketiga dibuka oleh kepala Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin dan dihadiri oleh Narasumber yang berasal dari Dirjen Bina Administrasi kewilayahan Kementerian Dalam Negeri yaitu Ir. Djatmiko Winahyu, MP dan Biro Pembangunan & Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Provinsi Sumsel Mukpakanisin, SE, serta Kepala Perangkat Daerah lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, para peserta sosialisasi yang merupakan utusan dari perangkat daerah kabupaten Musi Banyuasin.

Dalam sambutannya, Kepala Bapppeda Musi Banyuasin Drs. H.M. Yusuf mengharapkan agar peserta dapat mengikuti dengan seksama apa yang akan disampaikan oleh narasumber mengingat kerja sama dengan pihak ketiga adalah hal yang sangat penting untuk diketahui baik dasar hukumnya maupun penerapannya di lingkungan pemerintah kabupaten Musi Banyuasin agar terwujudnya Muba Maju Berjaya 2022.

Narasumber Ir. Djatmiko menyampaikan bahwa dalam kerjasama dengan pihak ketiga, memiliki dasar hukum sebagai beirikut , antara lain :

  1. UU NO. 5 Tahun 1974 Tentang : Pokok – pokok Pemerintahan di Daerah,
  2. UU No. 22 Tahun 1999 Tentang : Pemerintahan Daerah,
  3. UU No. 32 Tahun 2004 Tentang : Pemerintahan Daerah,
  4. UU No. 23 Tahun 2014 Tentang : Pemerintahan Daerah,
  5. PP 50/2007 “Tata Cara Kerjasama Daerah,
  6. Permendagri 69/2007“Kerjasama Pengembangan Perkotaan”,
  7. Permendagri 19/2009“Pedoman Peningkatan Kapasitas Pelaksana Kerja Sama Daerah”,
  8. Permendagri 22/2009“Petunjuk Teknis Tata Cara Kerja Sama Antar Daerah”

 

Selanjutnya, narasumber Mukpakanisin menyampaikan bahwa tujuan kerjasama daerah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat; Sebagai Sarana untuk lebih memantapkan hubungan dan keterkaitan daerah yang satu dengan daerah yang lain dalam kerangka NKRI; Mensinergikan potensi antar daerah dan/atau dengan pihak ketiga; Meningkatkan pertukaran pengetahuan, teknologi dan kapasitas fiskal;Mengurangi kesenjangan daerah dalam penyediaan pelayanan umum khususnya di wilayah terpencil, perbatasan antar daerah dan daerah tertinggal. RED-AL.

 

Bimtek Penyusunan RENSTRA Perangkat Daerah 2017-2022

DSC_0103

Sekayu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Banyuasin menggelar acara Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Strategis Perangkat Daerah (Renstra PD) Kabupaten di Auditorium Pemkab Muba, Selasa 13 Juni 2017.

Bimbingan teknis penyusunan Renstra Perangkat Daerah dihadiri oleh Bupati Musi Banyuasin yang diwakili oleh Plt. Sekretaris Daerah Drs. H. Apriyadi Mah

Evaluasi & Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan Kab. Muba Triwulan II TA. 2017

DSC_0103

Sekayu, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Banyuasin menggelar rapat koordinasi (Rakor) evaluasi dan pengendalian pelaksanaan kegiatan pembangunan Triwulan II (Dua) tahun 2017. Rapat dilaksanakan di Auditorium Pemkab Muba Selasa (11/07) yang dipimpin Langsung oleh Bupati Musi Banyuasin H. Dodi Reza Alex serta dihadiri oleh Wakil Bupati Beni Hernedi, Plt. Sekda H. Apriyadi,

Verifikasi Renstra Perangkat Daerah 2017-2022

DSC_0103

Sekayu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Banyuasin melaksanakan agenda verifikasi rencana strategis perangkat daerah Kabupaten Musi Banyuasin yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bappeda, Kamis-Jum’at (20-21/07/2017) yang didampingi langsung oleh Asosiasi Perencana Pembangunan Indonesia (AP2I) Drs. Nyoman Sunata M.Pd, dan Bappeda Provinsi Sumatera Selatan. Tujuan verifikasi Renstar adalah untuk menyempurnakan renstra perangkat daerah kabupa

Sosialisasi Program Pamsimas 3 TA.2018

DSC_0103

Sekayu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Banyuasin menggelar agenda sosialisasi program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) 3 Tahun 2018 di Kabupaten Musi Banyuasin pada hari selasa, 25 Juli 2017 di Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin.

 

 

 

Kegiatan Sosialisasi Program Pams